Angka Kriminalitas di Banyuwangi Selama PPKM Darurat Menurun

visfm.com, Banyuwangi – Angka kriminalitas di wilayah Banyuwangi menurun selama penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nasrun Pasaribu mengatakan, dari hasil evaluasi kepolisian, selama penerapan PPKM Darurat sejak 3 Juli lalu hingga saat ini, kejahatan di Banyuwangi menurun dari satu bulan sebelumnya.

“Penurunan itu berkisar antara 20-30 persen tindakan pidana. Ini adalah berkat kerja bersama antara TNI, Polri dan pemerintah daerah serta berbagai stake holder terkait yang bisa meyakinkan masyarakat dan menjaga keamanan di wilayah Banyuwangi,” papar Kaporlesta.

Sementara, Kombes Nasrun juga memaparkan bahwa selama digelarnya Operasi Sikat Semeru 2021 sebelum di berlakukan PPKM Darurat, Polresta Banyuwangi berhasil mengungkap 206 kasus kriminalitas dengan menangkap 103 orang tersangka.

Dari tangan ratusan tersangka tersebut, kepolisian mengamankan berbagai barang bukti. Diantaranya, 4 unit sepeda motor, 33 unit ponsel beserta 71 dusbook ponsel berbagai merek, 10 lembar hasil visum, 7 buah ATM, 4 buah tabung gas 3 kg, 3 senjata tajam serta 1 unit televise, 1 buah speaker soundsistem juga 65 buah berbagai jenis barang bukti lainnya.

“Seluruh aksi kejahatan yang di ungkap kepolisian itu adalah hasil dari Operasi Sikat Semeru yang digelar mulai 28 Juni hingga 9 Juli 2021,” ujar Kombes Nasrun.

Diantaranya, kasus pencurian dengan pemberatan (Curat) 155 kasus, pencurian dengan kekerasan (Curas) sebanyak 11 kasus, pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) 12 kasus, premanisme 25 kasus, street crime atau kejahatan jalanan 1 kasus, dan senjata tajam 2 kasus.

AKBP Nasrun menambahkan, dari sejumlah kasus yang diungkap kepolisian tersebut, yang terbanyak adalah kasus curat yang mencapai 155 kasus.

“Dimana, 125 kasus diantaranya berhasil di ungkap Polresta dan 30 kasus diungkap polsek jajaran,” pungkasnya.

ILEX VIS

ILEX VIS

Read Previous

“Jagoan Tani” Mulai Memasuki Fase Mentoring

Read Next

PPKM Darurat, PNS Banyuwangi Borong Dagangan Warung Kecil dan PKL

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *