Ini Cerita Haru Petani Yang Tanamannya Terendam Banjir

visfm.com, Banyuwangi – Genangan air di berbagai titik akibat hujan deras mengguyur kawasan Banyuwangi, menyisakan cerita tersendiri bagi para petani. Tanaman padi mereka terancam gagal panen, karena lahan pertaniannya tergenang air dalam waktu yang cukup lama.

Seperti yang terlihat di area persawahan di Lingkungan Pakis Rowo Kelurahan Pakis Kecamatan Banyuwangi.

Hektaran sawah milik petani setempat yang terdapat tanaman padi tergenang air. Bahkan di beberapa petak sawah, hanya terlihat ujung atasnya saja tanaman padi akibat debit air yang cukup tinggi.

Salah satu petani setempat, Nurpandi mengatakan, hujan deras dengan durasi yang cukup lama pada Selasa malam hingga Rabu dini hari kemarin, membuat debit air di sepanjang selokan di pinggir persawahan meluber hingga ke jalan.

“Juga, air menggenangi seluruh tanaman para petani, khususnya padi yang terlihat siap panen,” tutur Nurpandi.

“Jika kondisi ini terjadi terus menerus, maka padi para petani terancam gagal panen. Karena tanaman padi di persawahan sini sudah siap panen,” imbuhnya.

Nurpandi menjelaskan, jika air menggenangi persawahan hanya berlangsung selama 3 hingga 4 jam, maka kondisi tanaman padi di nilai tidak berdampak. Namun jika genangan terjadi lebih dari sehari, maka tanaman padi akan membusuk seiring dengan daun-daunnya yang layu.

“Selain padi, tanaman terong akan cepat layu meski terendam air hanya beberapa jam saja. Karena tanaman terong tidak tahan dengan air dalam kurun waktu yang cukup lama,” kata Nurpandi.

Hal ini disampaikan Nurpandi bukan tanpa sebab. Karena selain tanaman padi, di area setempat juga terdapat lahan tanaman terong. Termasuk miliknya.

Lebih lanjut Nurpandi mengatakan, di wilayah setempat sering terjadi hujan lebat, namun durasinya dinilai tidak terlalu lama.

“Tapi pada Selasa malam lalu, hujan dengan intensitas tinggi terjadi dengan durasi hingga 4 jam lebih yang sebabkan banjir menggenangi persawahan para petani sini,” pungkasnya.

ILEX VIS

ILEX VIS

Read Previous

Peduli Sesama, BPBD Banyuwangi Beri Bantuan ke Warga Terdampak Banjir

Read Next

Bangun Dermaga Baru, Ini Target KSOP Tanjung Wangi Banyuwangi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *