Aksi Pelaku Curanmor Belasan TKP di Banyuwangi Berakhir Didalam Penjara

visfm.com, Banyuwangi – Tim Resmob Satreskrim Polresta Banyuwangi menangkap pelaku pencurian sepeda motor di belasan TKP, yang juga merupakan pelaku penipuan dan penggelapan dengan modus berpura-pura meminjam kendaraan korban.

Kasus ini terbongkar, setelah Sutikno warga Desa Sumbergondo Kecamatan Glenmore Banyuwangi melapor ke polsek setempat, mengenai sepeda motor Honda Supra Fit miliknya hilang dibawa kabur pencuri.

Saat itu, laki laki berusia 41 tahun tersebut sedang menggarap sawahnya dan memarkirkan sepeda motornya di pinggir jalan di timur wisata Antaboga, Glenmore.

Dalam keterangan persnya, Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin mengatakan, Tim Resmob Satreskrim langsung melakukan pengembangan penyidikan untuk bisa mengungkap kasus tersebut.

“Setelah dilakukan pencarian selama 3 hari, kepolisian berhasil menangkap pelaku berinisial WD (36) warga Desa Tulungrejo Kecamatan Glenmore. Pada petugas, tersangka mengaku menjual sepeda motor korban kepada seorang penadah yang bertempat tinggal tidak jauh dari rumahnya seharga Rp 350.000,” papar Kombes Arman.

“Dari sini, kepolisian kembali melakukan pengembangan penyidikan,” imbuhnya.

Rupanya, tersangka mengaku telah melakukan pencurian sepeda motor di 17 TKP yang tersebar di beberapa kecamatan. Upaya penyidikan kepolisian tidak hanya sampai disini.

Hal ini membuahkan hasil, dimana tersangka juga terlibat dalam perkara penipuan dan penggelapan sepeda motor di wilayah Kecamatan Glenmore, Siliragung, Sempu dan Bangorejo.

“Modus operandi yang di lakukan tersangka adalah dengan berpura-pura meminjam sepeda motor para korbannya untuk membeli sesuatu. Ada pula berdalih meminta hantar di suatu tempat. Tersangka meninggalkan korban di pinggir jalan dan dia membawa kabur sepeda motor milik korban,” jelas Kombes Arman.

Selanjutnya, seluruh kendaraan hasil kejahatananya itu di jual tersangka kepada penadah yang sudah menjadi langganan. Kombes Arman menambahkan, dari kasus penipuan dan penggelapan ini, diamankan barang bukti 5 unit sepeda motor. Namun dari belasan kasus curanmor yang dilakukan tersangka, kepolisian baru mengamankan 4 unit sedangkan sisanya masih terus dikembangkan.

“Dari rangkaian kasus penipuan yang dilakukan tersangka, sebagian besar sepeda motor yang di incarnya adalah jenis baru,” pungkas Kapolresta.

Selain sejumlah barang bukti, kepolisian juga mengamankan penadah dari hasil kejahatan tersangka. Atas semua perbuatannya, tersangka dijerat pasal berlapis. Yakni pasal 363 KUHP untuk kejahatan pencurian sepeda motor. Serta pasal 372 dan 378 KUHP untuk kasus penipuan dan penggelapan. Dengan ancaman hukuman maksimal 10 tahun penjara.

ILEX VIS

ILEX VIS

Read Previous

Ingatkan Prokes, Kepolisian Banyuwangi Bagikan Tempat Sampah

Read Next

Ini Alasan Bupati Ipuk Fiestiandani Perintahkan Seluruh Sekolah Jemput Bola Pelajar Tak Mampu

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *