Cegah Tsunami Covid, Banyuwangi Awasi Lokasi Kerumunan Warga

visfm.com, Banyuwangi – Dalam rangka mengantisipasi adanya tsunami Covid-19 seperti yang terjadi di India, Satgas Penanganan Covid-19 Banyuwangi memperketat pengawasan di berbagai pusat perbelanjaan yang mulai diserbu masyarakat menjelang lebaran.

Dari pantuan dilapangan, aktifitas pengunjung di berbagai pusat perbelanjaan di Banyuwangi terus mengalami peningkatan saat menjelang lebaran ini. Untuk itulah, Polresta Banyuwangi menyiagakan aparat kepolisian melakukan pengamanan di masing masing pusat perbelanjaan. Serta melakukan pengawasan secara mobile.

Sementara, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Banyuwangi melakukan inspeksi mendadak di sejumlah pusat perbelanjaan sembari memberikan himbauan kepada pengunjung untuk tetap melaksanakan protocol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan sebelum serta setelah aktivitas belanja, diminta untuk mencuci tangan menggunakan sabun atau minimal dengan hand sanitizer.

Dalam sidak ini, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani bersama jajaran Forkopimda mengecek terpenuhi atau tidaknya perlengkapan atau sarana penunjang penerapan protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan, alat pengukur suhu tubuh (thermo gun), hand sanitizer, dan lain sebagainya. Bupati Ipuk mengatakan, pandemi Covid-19 belum usai.

“Penerapan prokes harus terus dipatuhi agar terhindar dari penyakit yang disebabkan virus corona,” ungkap Bupati Ipuk.

“Semua tidak tahu siapa yang menularkan. Karena itu, semua kami minta untuk saling menjaga, saling mengingatkan dan tetap melaksanakan protokol kesehatan,” paparnya.

Bupati Ipuk bersyukur, kesadaran masyarakat didalam menerapkan prokes dinilai cukup baik.

“Kami juga meminta kepada pengelola untuk melakukan pembatasan pengunjung, sehingga tidak menimbulkan kerumunan,” kata Bupati Ipuk.

“Jika ada pusat perbelanjaan yang melanggar penerapan protokol kesehatan, Satgas siap memberikan sanksi tegas kepada pihak pengelola pusat perbelanjaan yang bersangkutan,” jelas bupati perempuan tersebut.

Dalam sidak ini, Bupati Ipuk bersama Wakil Bupati Sugirah, Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifuddin, Dandim Letkol (Inf) Yuli Eko Purwanto, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Letkol (P) Eros Wasis, Kepala Kejaksaan Negeri M. Rawi, Kepala Pengadilan Negeri (PN) Nova Flory Bunda, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Mujiono, serta anggota DPRD Banyuwangi.

Karena mendekati Idul Fitri, aktivitas masyarakat semakin banyak. Satgas tidak menginginkan adanya kerumunan seperti yang di Tanah Abang, Jakarta terjadi di Banyuwangi. Satgas juga tidak ingin tsunami Covid-19 seperti di India terjadi di Banyuwangi. Sehingga satgas akan betul-betul memperketat prokes.

ILEX VIS

ILEX VIS

Read Previous

Permudah Nelayan Melaut, Banyuwangi Salurkan Bantuan Kapal Fiber

Read Next

Jemput Bola Layanan Kependudukan, Karyawan Pemkab Banyuwangi Camping di Perkebunan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *