Dispendukcapil Banyuwangi Fasilitasi Adminduk Huruf Braille Untuk Warga Berkebutuhan Khusus

visfm.com, Banyuwangi – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Banyuwangi memfasilitasi pembuatan administrasi kependudukan berhuruf braille bagi warga berkebutuhan khusus tuna netra. Seperti Kartu Keluarga (KK) dan KTP.

Kepala Dispendukcapil Banyuwangi Juang Pribadi mengatakan, pihaknya membuatkan duplikat administrasi kependudukan mereka dengan huruf braille.

“Sehingga disaat ada orang yang menanyakan identitas nama dan tanggal lahir maupun alamat, mereka bisa menyebutkan dengan membaca duplikat adminduk itu,” ungkap Juang.

Juang menjelaskan, mereka tetap memegang KTP maupun KK yang asli. Sedangkan administrasi kependudukan berhuruf braille itu merupakan duplikat dari KTP maupun KK mereka untuk memudahkan berkomunikasi dengan orang lain.

“Hingga saat ini, Dispendukcapil Banyuwangi telah mencetak sekitar 50 an lembar dokumen adminduk berhuruf braille dan sudah di distribusikan,” tuturnya.

Menurut Juang, jika KK dan KTP asli cukup dicetak satu lembar. Namun untuk yang berhuruf braille ini dicetak beberapa lembar secara berurutan. Meski demikian, identitas yang bersangkutan sama persis dengan di KK dan KTP asli.

“Bagi warga berkebutuhan khusus yang ingin mengajukan administrasi kependudukan tetap melalui prosedur yang ada,” kata Juang.

Bagi pemohon KTP, terlebih dahulu melakukan perekaman biometric. Sekaligus menyerahkan foto copy akte kelahiran serta Kartu Keluarganya. Dari sini, dispendukcapil mencetak KTP asli beserta duplikatnya berhuruf braille. Termasuk duplikat KK nya.

“Karena dipastikan data mereka berubah dari yang dulunya belum berusia 17 tahun,” imbuhnya.

Lebih lanjut Juang mengatakan, pihaknya terus menunggu pengajuan permohonan pembuatan adminduk berhuruf braille tersebut termasuk dari komunitas.

“Jika ada yang mengajukan, kami siap untuk membantu memfasilitasi,” pungkas Juang.

ILEX VIS

ILEX VIS

Read Previous

Pulihkan Ekonomi Masyarakat, BI Kembangkan Komoditas Beras dan Batik Banyuwangi

Read Next

Banyuwangi Ijinkan Pasar Takjil Ramadan, Bupati Ipuk : Ekonomi Rakyat Harus Tetap Jalan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *