Radio VIS FM Banyuwangi
visfm.com, Banyuwangi – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta kepada para kepala daerah terpilih untuk segera bekerja cepat dan detail, serta meningkatkan Pemberlakuan...

visfm.com, Banyuwangi – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta kepada para kepala daerah terpilih untuk segera bekerja cepat dan detail, serta meningkatkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19 di wilayahnya masing-masing.

Hal itu disampaikan Khofifah, usai melantik dan pengambilan sumpah jabatan terhadap 17 Kepala Daerah terpilih Jawa Timur, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (26/2/2021).

“Setiap kepala daerah segera bekerja secara efektif dan efisien serta melakukan kerja-kerja transparansi, tanggap dan akuntabilitas terjaga juga responsive,” ujar Khofifah.

“Bagi para kepala daerah bekerja akuntabilitas menjadi bagian yang penting. Sekaligus tata kelola pemerintahan yang baik. Ini jadi hal yang penting, apalagi ada proses yang mungkin bisa di lakukan bersinergi dengan berbagai pihak,” paparnya.

Khofifah menjelaskan, saat ini tengah gencar dilaksanakan PPKM mikro. Artinya, ditengah para kepala daerah terus meningkatkan kinerjanya, namun masih ada hal penting yang di hadapi yakni penanganan pandemi covid-19.

“Meskipun di Jawa Timur kasus covid-19 sudah melandai, tapi penyebarannya belum berhenti sehingga di perlukan berbagai penanganan yang cepat,” tutur Khofifah.

“Saya harap, di bulan Maret mendatang setiap daerah sudah melakukan langkah-langkah percepatan,” imbuhnya.

Terutama di wilayah kabupaten dan kota supaya bisa merealisasikan dana desa dengan baik sehingga sudah masuk ke rekening setiap desa sebesar 40 persen di bulan Maret tersebut.

“Sehingga di harapkan, dana desa bisa segera dimanfaatkan untuk percepatan penanganan di masyarakat karena ini bisa berdampak sangat bagus terhadap peningkatan mutu daerah,” jelas Khofifah.

Sebanyak 17 Kepala Daerah terpilih di Jawa Timur dilantik oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (26/2/2021). Pelantikan dibagi dalam 3 sesi yakni pukul 09.00 WIB, pukul 13.00 WIB dan pukul 16.00 WIB.

Pada sesi pertama yang dilantik adalah pasangan calon terpilih Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek : Moch Nur Arifin Syah-M Natanegara, Kabupaten Ponorogo : Sugiri Sancoko-Lisdyarita, Kabupaten Situbondo : Karna Suswandi-Khoirani, Kabupaten Sumenep : Ahmad Fauzi-Dewi Khalifah, Kabupaten Ngawi : Ony Anwar-Dwi Riyanto Jatmiko dan Kabupaten Banyuwangi : Ipuk Fiestiandani Azwar Anas-Sugirah.

Sesi kedua adalah Kota Blitar : Rini Syarifah-Rahmad Santoso, Kota Pasuruan : Syaifullah Yusuf-Adi Wibowo, Kabupaten Jember : Hendy Siswanto-M Balya Firjaun Barlaman, Kabupaten Malang : Sanusi-Didik Gatot Subroto, Kabupaten Blitar : Santoso-Tjutjuk Sunario dan Kabupaten Mojokerto : Ikfina Fahmawati-Muhammad Albarraa.

Selanjutnya sesi terakhir adalah Kabupaten Sidoarjo : Ahmad Muhdlor Ali-Subandi, Kabupaten Kediri : Hanindhito Himawan Pramana-Dewi Mariya Ulfa, Kabupaten Gresik : Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah, Kabupaten Lamongan : Yuhromur Effendi-Abdul Rouf dan Kota Surabaya : Eri Cahyadi-Armudji.

ILEX VIS

ILEX VIS

Reporter harian Radio VIS FM Banyuwangi.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *