Radio VIS FM Banyuwangi
Ngaku Pilot Gadungan, Makelar Bus di Banyuwangi Ditangkap Polisi
visfm.com, Banyuwangi – Jajaran kepolisian Polresta Banyuwangi mengamankan seorang pilot gadungan asal Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan sasaran sejumlah remaja perempuan untuk meminjam uang.... Ngaku Pilot Gadungan, Makelar Bus di Banyuwangi Ditangkap Polisi

visfm.com, Banyuwangi – Jajaran kepolisian Polresta Banyuwangi mengamankan seorang pilot gadungan asal Nusa Tenggara Timur (NTT), dengan sasaran sejumlah remaja perempuan untuk meminjam uang.

Thovan Noviandi (24) warga Kabupaten Sumbawa Timur, NTT kini harus meringkuk di dalam sel tahanan Mapolsek Genteng Banyuwangi guna mempertanggung jawabkan semua perbuatannya.

Laki laki yang selama ini kost di sekitaran Kecamatan Genteng tersebut, berhasil memberdaya sejumlah perempuan di wilayah setempat dengan mengaku sebagai seorang pilot.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin melalui Kapolsek Genteng, AKP Sudarmaji mengatakan, kasus ini berawal dari pelaku yang mengenal salah satu korban melalui aplikasi meChat di media social. Selanjutnya, mereka bertemu di kawasan Kecamatan Genteng dan pelaku berpakaian layaknya pilot.

“Disinilah, pelaku mulai melancarkan aksinya dengan mengaku sebagai seorang pilot hingga mereka berpacaran,” ujar AKP Sudarmaji.

Dijelaskan Kapolsek, seiring berjalannya waktu, pelaku meminjam uang kepada korban dengan alasan sebagai biaya perjalanan ke Jakarta untuk bekerja serta menemui orang tuanya yang beprofesi sebagai polisi, sekaligus membawa korban untuk di perkenalkan sebagai calon menantu.

“Meski hingga beberapa kali meminjam uang kepada korban, tapi pelaku tidak juga berangkat ke Jakarta. Setelah ditanyakan oleh korban, pelaku pun menunjukkan tiket kereta dan pesawat serta surat keterangan rapid tes dengan dalih siap untuk berangkat,” papar AKP Sudarmaji.

Kapolsek mengatakan, korban pun mengecek tiket pesawat dan kereta api serta surat keterangan rapid tes tersebut, yang ternyata palsu. Bahkan, korban juga sempat mendatangi Bandara Blimbingsari Banyuwangi untuk mengecek kebenaran profesi pelaku, yang ternyata dia bukan pilot.

“Korban pun melapor ke pihak kepolisian atas dugaan penipuan yang dilakukan oleh pelaku. Setelah itu, ada 2 perempuan yang juga melapor ke Polsek Genteng karena merasa tertipu oleh pelaku yang mengaku sebagai pilot dengan meminjam sejumlah uang,” jelas AKP Sudarmaji.

Disampaikan Kapolsek Genteng, kepolisian pun melakukan pengejaran terhadap pelaku hingga berhasil tertangkap. Dari pengembangan penyidikan kepolisian, rupanya pelaku bukan seorang pilot namun bekerja sebagai makelar mencari penumpang di Terminal Genteng Banyuwangi.

“Seragam pilot yang dipakai pelaku adalah seragam saat dia sekolah SMK penerbangan di Bali beberapa tahun lalu,” tutur Kapolsek.

Menurut pengakuan para korban, mereka mengalami kerugian hingga 2.800.000 rupiah atas ulah pelaku.

Sebagai barang bukti, kepolisian mengamankan seragam pilot milik pelaku yang terdiri dari baju kemeja putih, celana panjang hitam, pangkat pilot, ID Card, papan nama serta sabuk warna putih.

Atas semua perbuatannya, pelaku di jerat pasal 378 KUHP tentang penipuan, dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara.

ILEX VIS

ILEX VIS

Reporter harian Radio VIS FM Banyuwangi.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *