Radio VIS FM Banyuwangi
APBD Jatim 2 M, Terminal Brawijaya Banyuwangi Bakal Jadi Terminal Pariwisata
visfm.com, Banyuwangi – Terminal Brawijaya Banyuwangi yang masuk dalam kategori Terminal type B akan disulap menjadi Terminal Pariwisata dengan mendapat alokasi anggaran senilai 2,4... APBD Jatim 2 M, Terminal Brawijaya Banyuwangi Bakal Jadi Terminal Pariwisata

visfm.com, Banyuwangi – Terminal Brawijaya Banyuwangi yang masuk dalam kategori Terminal type B akan disulap menjadi Terminal Pariwisata dengan mendapat alokasi anggaran senilai 2,4 Miliar Rupiah dari APBD Provinsi Jawa Timur ditahun 2021 ini.

Dari rencana desain yang ada, nantinya di Terminal Brawijaya ini terdapat bangunan 3 lantai yang digunakan untuk fungsi pelayanan serta operasional angkutan baik Lin maupun Bus.

Ke depan diharapkan ada kerja sama dengan pihak ketiga untuk pengelolaan serta membantu operasional terminal tersebut, sehingga tidak selalu menggunakan anggaran APBD provinsi. Pasalnya, sejak tahun 2017, pengelolaan Terminal Brawijaya ini diserahkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Hal itu disampaikan Hermanto, anggota Komisi D DPRD Provinsi Jawa Timur usai melakukan sidak ke Terminal Brawijaya Banyuwangi.

“Kami sengaja lakukan sidak karena untuk mengetahui anggaran 2,4 M itu peruntukkannya seperti apa,” ujar anggota dewan dari fraksi PDI Perjuangan tersebut.

“Sementara dari desain yang ada, kegiatan pembangunan Terminal Brawijaya menjadi Terminal Pariwisata itu direncanakan menelan anggaran 40,8 Miliar Rupiah. Ditahun 2021 ini dianggarkan 2,4 Miliar Rupiah, tak gunakan anggaran APDB Kabupaten,” papar Hermanto.

Dalam kunjungan kerja anggota dewan Provinsi Jawa Timur kali ini, dipimpin langsung oleh Ketua Komisi D, Kuswanto.

Hermanto mengatakan, pihaknya ingin mengetahui peruntukkan anggaran 2 Miliar lebih tersebut. Karena alokasi anggaran untuk semua terminal di tahun 2021 hanya sebesar 200 juta rupiah, sedangkan khusus Banyuwangi mencapai 2 Miliar lebih.

“Sempat terjadi perdebatan di internal, rupanya alokasi anggaran untuk Terminal Brawijaya Banyuwangi disesuaikan dengan peruntukan dan kebutuhannya,” kata Hermanto.

Dimana menurut Hermanto, Banyuwangi menjadi pintu masuk pariwisata Jawa Timur dan salah satu penunjangnya adalah keberadaan terminal pariwisata tersebut.

Hermanto menjelaskan, rencana ke depan ada Tol Probowangi yang dinilai bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk ke Banyuwangi, Situbondo maupun ke Jember dengan waktu yang lebih efisien.

“Sehingga bagi mereka yang akan ke Jember, bisa transit di Terminal Brawijaya dengan segala sarana prasarana yang ada,” jelas Hermanto.

“Saat ini di Terminal Brawijaya sudah disediakan kendaraan gratis untuk ke beberapa tempat wisata. Seperti ke Pantai Pulau Merah, Kawah Ijen maupun Alas Purwo,” paparnya.

Lebih lanjut Hermanto mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan prospek ke depan dari keberadaan Terminal Pariwisata Brawijaya tersebut. Meskipun menurutnya, kemungkinan sudah dilakukan uji kelayakan.

“Kunjungan kerja kami saat ini adalah untuk melihat bentuk kegiatan dengan alokasi anggaran yang ada itu,” pungkas Hermanto.

ILEX VIS

ILEX VIS

Reporter harian Radio VIS FM Banyuwangi.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *