Radio VIS FM Banyuwangi
Diguyur Hujan, Rumah Warga Sebatangkara di Banyuwangi Roboh
visfm.com, Banyuwangi – Rumah salah seorang warga di Kelurahan Boyolangu Kecamatan Giri Banyuwangi roboh, akibat hujan lebat mengguyur kawasan setempat. Seperti diketahui, pada Senin... Diguyur Hujan, Rumah Warga Sebatangkara di Banyuwangi Roboh

visfm.com, Banyuwangi – Rumah salah seorang warga di Kelurahan Boyolangu Kecamatan Giri Banyuwangi roboh, akibat hujan lebat mengguyur kawasan setempat.

Seperti diketahui, pada Senin malam (18/1/2021) hampir diseluruh wilayah di Kabupaten Banyuwangi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat. Tidak terkecuali di kawasan Kecamatan Giri.

Rupanya, hujan lebat yang mengguyur wilayah setempat selama lebih dari 3 jam, membuat rumah milik Jum’ai yang ada di Lingkungan Krajan RT 02 RW 01 Kelurahan Boyolangu roboh nyaris rata dengan tanah.

Untung saja, dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Pasalnya, saat kejadian si pemilik rumah berada di rumah salah satu tetangganya yang meninggal dunia.

Tetangga korban, Adam Mukhlis mengatakan, selama ini Jum’ai tersebut hidup sebatang kara. Pada Senin malam itu hujan mengguyur kawasan setempat dengan durasi yang cukup lama. Sementara para warga memilih berada di rumahnya masing masing.

“Sekira pukul 20.00 WIB tiba tiba terdengar suara cukup keras. Duarrr.,” ujar Muklis.

Puluhan warga pun berhamburan menuju asal suara tersebut, yang ternyata adalah rumah milik korban yang roboh.

“Saya dan warga lain merasa takut jika korban berada didalam rumah karena selama ini tinggal sendirian,” ungkap Muklis.

Selanjutnya, mereka pun bergotong-royong berusaha memindahkan bekas reruntuhan rumah untuk mencari korban yang dimungkinkan tertindih. Namun rupanya, mereka tidak menemukan korban dan warga mendapat kabar jika korban sedang berada di rumah tetangga yang meninggal dunia.

“Kondisi rumah korban sudah tua dan lapuk yang sebagian besar terbuat dari anyaman bambu,” tutur Muklis.

Diduga karena sudah lapuk itulah, yang menyebabkan rumah korban roboh akibat diguyur hujan cukup deras dengan kerugian sekitar Rp 20 juta.

Sementara itu, Kapolsek Giri Banyuwangi AKP Ali Ashari membenarkan adanya rumah roboh milik salah satu warga di Kelurahan Boyolangu.

“Peristiwa ini diduga karena cuaca ekstrim yang terjadi disepanjang Senin (18/1/2021) ditambah dimalam harinya hujan deras dengan durasi cukup lama,” ujar Kapolsek.

AKP Ali Ashari menjelaskan, setelah mendapat laporan warga, dirinya bersama sejumlah anggota Polsek Giri mendatangi TKP untuk mengecek kebenaran informasi tersebut.

“Kami menyerahkan bantuan sembako dari pak Kapolresta Banyuwangi guna sedikit meringankan beban perekonomian korban yang selama ini tinggal sebatang kara,” jelas Kapolsek.

“Rencananya, aparat Polsek Giri bersama TNI dan warga Rabu besok (20/1/2021) akan melakukan kerja bakti bersama sama untuk membersihkan bekas puing puing rumah korban,” ungkap Kapolsek.

Bahkan kata AKP Ali Ashari, pihaknya juga segera mengusulkan kepada pemerintah daerah agar korban mendapat bantuan bedah rumah.

ILEX VIS

ILEX VIS

Reporter harian Radio VIS FM Banyuwangi.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *