Radio VIS FM Banyuwangi
Keliling Kecamatan, Bupati Anas Serahkan Sertifikat PTSL dan Insentif Guru Ngaji
visfm.com, Banyuwangi – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kembali melakukan safari menuntaskan penyerahan sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL). Kali ini, giliran warga masyarakat... Keliling Kecamatan, Bupati Anas Serahkan Sertifikat PTSL dan Insentif Guru Ngaji

visfm.com, Banyuwangi – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kembali melakukan safari menuntaskan penyerahan sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL).

Kali ini, giliran warga masyarakat Desa Purwoharjo, Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi yang menerima sertifikat tersebut.

Raut wajah gembira terlihat dari para penerima sertifikat PTSL. Tuminingsih, salah satunya. Warga Dusun Curahpecak, Desa Purwoharjo ini mengaku sudah sejak kecil tinggal di rumah yang tidak memiliki sertifikat tanah. 

“Rumah yang saya tinggali saat ini adalah peninggalan orang tua saya,” ungkapnya.

Tuminingsih mengatakan, dari dula juga sudah ada surat tanahnya. Tapi sekarang saya bersyukur sudah mempunyai sertifikat,” ujar Tumingsih.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Banyuwangi, Damar Galih Widihasta mengatakan penyerahan sertifikat ini sebagai kelanjutan dari penyerahan sertifikat PTSL yang beberapa waktu lalu diserahkan secara serentak se-Indonesia.

Jumlah sertifikat PTSL di Banyuwangi yang sudah siap 12.062 sertifikat. Dan di Purwoharjo ini diserahkan sebanyak 500 sertifikat. 

“Saya harap, sertifikat ini bisa bermanfaat untuk berbagai kegiatan yang sifatnya mendukung kegiatan perekonomian para warga. Saya minta disimpan dengan baik,” pinta Damar.

Sementara, saat menyerahkan PTSL tersebut, Bupati Anas mengaku turut senang karena sudah ribuan warga mendapatkan sertifikat tanahnya secara sah. Bupati Anas berpesan untuk menentukan skala prioritas.

“Jika membutuhkan modal untuk usaha, maka sertifikat ini bisa jadi jaminan di bank. Jika memang tak terlalu butuh dana, lebih baik disimpan dengan baik,” ungkap Bupati Anas.

Bupati Anas juga berpesan kepada warga agar menyosialisasikan program PTSL ini ke warga lain yang belum mempunyai sertifikat dan bisa dihubungkan dengan desa untuk difasilitasi.

“Tolong kabari warga yang lain, agar bisa dapat sertifikat tanahnya,” pinta Bupati Anas.

Di Kecamatan Purwoharjo ini, selain menyerahkan sertifikat PTSL, Bupati Anas juga menyerahkan insentif guru ngaji. 

Selain itu, juga berkeliling ke dua kecamatan lainnya untuk memberikan insentif guru ngaji ini. Yaitu ke Kecamatan Tegaldlimo dan Cluring. Di Tegaldlimo ada 358 guru ngaji penerima insentif. Sedangkan di Cluring ada 640 penerima. 

ILEX VIS

ILEX VIS

Reporter harian Radio VIS FM Banyuwangi.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *