Radio VIS FM Banyuwangi
Sukseskan Pelaksanaan Pilkada, KPU Banyuwangi Cetak Kertas Suara Huruf Braille
visfm.com, Banyuwangi – KPU Kabupaten Banyuwangi menyiapkan kertas suara huruf Braille untuk pemilih penyandang disabilitas tuna netra pada Pemilihan Kepala Daerah serentak 9 Desember... Sukseskan Pelaksanaan Pilkada, KPU Banyuwangi Cetak Kertas Suara Huruf Braille

visfm.com, Banyuwangi – KPU Kabupaten Banyuwangi menyiapkan kertas suara huruf Braille untuk pemilih penyandang disabilitas tuna netra pada Pemilihan Kepala Daerah serentak 9 Desember mendatang, yang saat ini masih dalam proses pencetakan.

Dari data yang ada, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Banyuwangi sebanyak 1.304.909 jiwa dengan TPS sejumlah 3.745 yang tersebar di 25 kecamatan se Banyuwangi.

Divisi SDM dan partisipasi masyarakat pada KPU Banyuwangi, Dian Purnawan mengatakan, hingga saat ini proses pencetakan kertas suara huruf braile masih terus dilakukan.

“Nantinya, akan didistribusikan bersamaan dengan surat suara yang lain,” ungkap Dian.

“Ini sebagai upaya memberikan kesempatan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bisa menyalurkan haknya dalam perhelatan Pilkada,” tuturnya.

“Bagi pemilih disabilitas bisa meminta pendampingan dari petugas KPPS yang ada di setiap TPS saat mencoblos. Ataupun mereka bisa membawa pendamping dari luar,” kata Dian.

“Yang terpenting, ada surat pernyataan bahwa yang bersangkutan meminta untuk didampingi saat memberikan hak suaranya,” imbuh Dian.

Sementara itu, pada perhelatan Pilkada di Banyuwangi 2020 ini terdapat 2 pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Yaitu, nomor urut 1 pasangan Yusuf Widiatmoko dan Gus Riza dengan moto “Makmur Bersama Wong Cilik”. Sedangkan nomor urut 2 pasangan Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan Sugirah yang mengusung program andalan “UMKM Naik Kelas”.

ILEX VIS

ILEX VIS

Reporter harian Radio VIS FM Banyuwangi.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *