Radio VIS FM Banyuwangi
visfm.com, Banyuwangi – Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Penerima Bantuan Iuran (PBI) Nasional di Banyuwangi hingga Oktober 2020 mencapai 638.305 jiwa. Sedangkan...

visfm.com, Banyuwangi – Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Penerima Bantuan Iuran (PBI) Nasional di Banyuwangi hingga Oktober 2020 mencapai 638.305 jiwa. Sedangkan PBI Daerah sebanyak 18.329 jiwa.

Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Banyuwangi, Edy Agus Riyanto mengatakan, untuk PBI Nasional di biayai oleh pemerintah pusat menggunakan APBN.

“Kalau PBI Daerah di biayai oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui APBD,” tutur Edy.

“Pembiayaan dari pusat maupun daerah itu berlangsung selama 1 tahun dengan berbagai kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah daerah setempat untuk bisa mendapatkan PBI Nasional maupun PBI Daerah,” paparnya.

Sementara itu, Pemerintah resmi menetapkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020 yang mengatur mengenai penyesuaian besaran iuran peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Dengan diterbitkannya kebijakan tersebut menunjukkan bahwa pemerintah telah menjalankan putusan Mahkamah Agung.

Perlu diketahui juga, Perpres yang baru ini juga telah memenuhi aspirasi masyarakat seperti yang disampaikan wakil-wakil rakyat di DPR RI, khususnya dari para Anggota Komisi IX, untuk memberikan bantuan iuran bagi peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU)/mandiri dan Bukan Pekerja (BP) kelas III.

Dan sebagai wujud perhatian dan kepedulian pemerintah terhadap kondisi finansial masyarakat, pemerintah menetapkan kebijakan khusus untuk peserta PBPU dan BP kelas III. Tahun 2020, iuran peserta PBPU dan BP kelas III tetap dibayarkan sejumlah Rp 25.500. Sisanya sebesar Rp 16.500, diberikan bantuan iuran oleh pemerintah.

Kemudian pada tahun 2021 dan tahun berikutnya, peserta PBPU dan BP kelas III membayar iuran Rp 35 ribu, sementara pemerintah tetap memberikan bantuan iuran sebesar Rp 7 ribu.

ILEX VIS

ILEX VIS

Reporter harian Radio VIS FM Banyuwangi.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *