Radio VIS FM Banyuwangi
Cegah Sebaran Covid-19 Dikalangan Nelayan, Banyuwangi Siapkan Pos Kesehatan dan Rumah Singgah di Pantai
visfm.com, Banyuwangi – Pemerintah daerah setempat menyiapkan pos kesehatan dan rumah singgah di sejumlah area pantai yang menjadi pelabuhan rakyat guna meminimalisir sebaran Covid-19,... Cegah Sebaran Covid-19 Dikalangan Nelayan, Banyuwangi Siapkan Pos Kesehatan dan Rumah Singgah di Pantai

visfm.com, Banyuwangi – Pemerintah daerah setempat menyiapkan pos kesehatan dan rumah singgah di sejumlah area pantai yang menjadi pelabuhan rakyat guna meminimalisir sebaran Covid-19, menyusul banyaknya nelayan yang mencari ikan di luar perairan Banyuwangi.

Keberadaan pos kesehatan dan rumah singgah ini di pusatkan di pantai-pantai yang cukup ramai aktifitas nelayannya, seperti di Pantai Muncar Kecamatan Muncar dan Pantai Pancer Kecamatan Pesanggaran.

Sementara untuk di Pantai Grajagan Kecamatan Purwoharjo hanya di siapkan rumah singgah.

Kepala Dinas Perikanan Banyuwangi, Hary Cahyo Purnomo mengatakan, di pilihnya 3 pantai tersebut karena selain aktifitas melaut para nelayan cukup ramai, juga berdekatan dengan berbagai pantai lainnya.

“Sehingga jika diketahui adanya nelayan yang mengalami gejala mengarah pada Covid-19, maka bisa langsung menjalani pemeriksaan di pantai-pantai itu,” ungkap Hary.

Diakui Hary, yang perlu mendapat perhatian serius adalah para nelayan yang mencari ikan di luar perairan Banyuwangi. Setiap mereka datang, di wajibkan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan di pos pos kesehatan tersebut.

“Bagi yang bergejala, langsung di lakukan perawatan di rumah singgah,” kata Hary.

Hary menjelaskan, untuk di pos kesehatan itu disiagakan tim medis dari puskesmas setempat dan pelabuhan perikanan yang bertugas secara bergantian setiap hari. Meski demikian, di harapkan para nelayan yang melakukan aktifitas melautnya tetap melaksanakan protocol kesehatan serta saling mengingatkan kepada nelayan yang lain.

“Untuk nelayan andon dari luar daerah yang datang ke perairan Banyuwangi, di minta untuk tidak turun dari perahunya,” tutur Hary.

“Jika mereka memerlukan berbagai keperluan maka akan disiapkan oleh nelayan Banyuwangi,” imbuhnya.

Hary menambahkan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi penerapan protocol kesehatan ke seluruh nelayan yang ada di pantai area kecil maupun besar, melalui Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) dan KUB Nelayan.

“Seperti selalu mencuci tangan sebelum maupun setelah melakukan aktifitas melautnya. Serta selalu memakai masker,” jelas Hary.

Di informasikan, Banyuwangi memiliki garis pantai sepanjang 175,8 KM menjanjikan deretan wisata pantai yang indah. Disini, terdapat pelabuhan Penyeberangan Ketapang yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Bali.

Disisi lain, ada 3 pelabuhan rakyat cukup besar yang menjadi aktifitas para nelayan yakni Pantai Pancer, Pantai Grajagan dan Pantai Muncar. Serta 15 pantai kecil yang sifatnya berada di perkampungan nelayan.

ILEX VIS

ILEX VIS

Reporter harian Radio VIS FM Banyuwangi.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *