Radio VIS FM Banyuwangi
Meski Terkendala Cuaca Buruk, Jenazah 2 Pelajar Sarongan Berhasil Ditemukan di Muara Pantai
visfm.com, Banyuwangi – Dua pelajar yang tenggelam di muara Pantai Badug Desa Sarongan Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi berhasil ditemukan dalam kondisi sudah meninggal dunia, Kamis... Meski Terkendala Cuaca Buruk, Jenazah 2 Pelajar Sarongan Berhasil Ditemukan di Muara Pantai

visfm.com, Banyuwangi – Dua pelajar yang tenggelam di muara Pantai Badug Desa Sarongan Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi berhasil ditemukan dalam kondisi sudah meninggal dunia, Kamis (15/10/2020), setelah di lakukan pencarian selama 2 hari sejak Rabu kemarin.

Kedua korban tersebut adalah Yosi dan Arip Pratama masing masing berusia 16 tahun, yang bertempat tinggal di kawasan Desa Sarongan, tidak jauh dari lokasi kejadian.

Pasca dikabarkan hilang pada Rabu (14/10/2020), tim SAR gabungan melakukan pencarian kedua korban dengan menyisir di seputaran lokasi kejadian.

Koordinator Pos SAR Banyuwangi, Wahyu Setia Budi mengatakan, pencarian dilakukan dengan menggunakan perahu karet dan mopel yang dilengkapi dengan peralatan water rescue dan peralatan pendukung lainnya. Selain itu juga dilengkapi alat komunikasi serta GPS dan baju hazmat.

“Awalnya pencarian dilakukan saat pertama kali mereka dikabarkan hilang pada Rabu (14/10) kemarin,” kata Wahyu.

“Pencarian terpaksa kami hentikan karena terkendala cuaca hujan dan air laut pasang. Selain itu, hari sudah larut malam. Lalu pencarian dilanjutkan pada Kamis (15/10/2020) setelah air laut surut,” paparnya.

Menurut Wahyu, saat itulah, jenazah kedua korban muncul ke permukaan muara dengan posisi tengkurap hampir di sekitar bibir pantai atau berjarak 150 meter dari lokasi tenggelamnya mereka.

“Kondisi badan kedua korban masih utuh dan wajahnya masih bisa dikenali,” tuturnya.

Selanjutnya, jenazah keduanya di evakuasi untuk disemayamkan di rumah duka.

Wahyu menceritakan, dari keterangan korban selamat, awalnya kedua korban bermain di sekitar lokasi bersama satu orang temannya, Irwan (16) yang masih bertetangga dengan mereka. Saat asyik berenang, tiba tiba korban Yosi tenggelam.

“Melihat kondisi ini, Arip berusaha membantunya namun naas dia juga ikut tenggelam karena diduga kondisi fisik keduanya tidak bisa menahan arus muara yang cukup deras,” papar Wahyu.

“Bersamaan dengan itu, Irwan pun berusaha menolong kedua temannya yang tenggelam itu,” imbuhnya.

Wahyu mengaku, saat itulah ada salah seorang warga melihat peristiwa ini lalu berupaya menolong ketiganya. Namun yang berhasil diselamatkan adalah korban Irwan, sedangkan dua korban lainnya tenggelam terbawa arus muara.

Lokasi kejadian yang menewaskan kedua korban tersebut berada di seputaran pantai selatan, yang dikenal keganasan gelombang lautnya.

Wahyu menambahkan, dalam upaya pencarian jenazah kedua korban tersebut, tim gabungan yang terlibat adalah dari Basarnas Pos SAR Banyuwangi, BPBD, aparat kepolisian Polsek Pesanggaran, personel TNI koramil Pesanggaran, Polairud Pancer, relawan Rapala Bakamla, Mapala Banyuwangi, serta dari sejumlah stakeholder lainnya.

ILEX VIS

ILEX VIS

Reporter harian Radio VIS FM Banyuwangi.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *