Radio VIS FM Banyuwangi
Bertemu Kelompok Tani, Ipuk-Sugirah Akan Genjot Pengembangan Sektor Pertanian
visfm.com, Banyuwangi – Pertanian menjadi sektor yang bakal digenjot pengembangannya oleh Calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan Sugirah. “Ada... Bertemu Kelompok Tani, Ipuk-Sugirah Akan Genjot Pengembangan Sektor Pertanian

visfm.com, Banyuwangi – Pertanian menjadi sektor yang bakal digenjot pengembangannya oleh Calon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan Sugirah.

“Ada 22 program langsung dikerjakan yang telah disiapkan bersama Sugirah. Di antaranya adalah penguatan sektor pertanian,” kata Ipuk.

Saat bertemu kelompok tani di Kecamatah Srono, Kamis (15/10), Ipuk mengaku, pertanian adalah sektor prioritas di Banyuwangi. Bahkan menurutnya, Sugirah adalah petani tulen yang sukses, yang memulai semuanya nyaris dari nol.

“Pak Sugirah mengetahui betul A sampai Z soal pertanian, sehingga ke depan pertanian akan semakin menjadi primadona di Banyuwangi,” ungkap Ipuk.

Ipuk menggarisbawahi 2 langkah utama pengembangan pertanian. Pertama, meningkatkan produktivitas dan memberi nilai lebih pada hasil pertanian.

Dalam hal ini kata Ipuk, bantuan alat mesin pertanian maupun sarana produksi akan ditingkatkan. Upaya memberi nilai tambah komoditas pertanian juga dilakukan.

“Peran penyuluh dan mobil layanan keliling pertanian akan di optimalkannya untuk membantu petani meningkatkan produktivitas,” tutur Ipuk.

Upaya memberi nilai tambah komoditas pertanian, lanjut Ipuk, di antaranya akan dilakukan dengan memberdayakan warga perdesaan untuk mengolah berbagai hasil pertanian.

Ipuk menjelaskan, untuk langkah kedua adalah meningkatkan kesejahteraan petani. Jika langkah pertama terkait produktivitas, maka yang kedua ini adalah harus menjaga dan meningkatkan kesejahteraan petani.

“Selain dari hasil panen, petani juga harus terlindungi jika gagal panen, maka kami akan memperluas subsidi premi asuransi untuk petani,” jelas Ipuk.

Selain itu, lanjut Ipuk, petani bakal diintervensi dengan berbagai bantuan yang bisa menjaga tingkat kesejahteraannya.

“Termasuk produk petani secara berkala dibeli langsung oleh pemerintah daerah, dan kemudian digunakan untuk bantuan kepada warga kurang mampu maupun untuk peningkatan gizi pelajar,” pungkas Ipuk.

ILEX VIS

ILEX VIS

Reporter harian Radio VIS FM Banyuwangi.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *