Radio VIS FM Banyuwangi
Bantuan Sosial Beras dari Kemensos Tahap 3 Mulai Disalurkan di Banyuwangi
visfm.com, Banyuwangi – Pemkab Banyuwangi bersama Bulog mulai menyalurkan bantuan social beras untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) tahap ketiga sejumlah... Bantuan Sosial Beras dari Kemensos Tahap 3 Mulai Disalurkan di Banyuwangi

visfm.com, Banyuwangi – Pemkab Banyuwangi bersama Bulog mulai menyalurkan bantuan social beras untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) tahap ketiga sejumlah 1.100 ton beras.

Program bantuan dari Kementrian Sosial (Kemensos) kali ini sebelumnya telah disalurkan pada September lalu untuk tahap pertama dan kedua.

Hingga di tahap ketiga ini telah disalurkan bantuan social beras sebanyak 2002 ton kepada 66.786 KPM PKH yang tersebar di seluruh desa dan kelurahan di 25 Kecamatan se Banyuwangi. Dan masing masing KPM menerima 15 kilogram dari setiap penyaluran.

Pemimpin Kantor Cabang Perum Bulog Banyuwangi, Jusri Pakke mengatakan, jenis beras yang disalurkan di program KPM PKH ini adalah medium.

“Ini merupakan program rutin selama masa pandemi dan Bulog hanya melaksanakan disaat pemerintah meminta kami melalui Kementrian Sosial,” ujar Justri.

Jusri menjelaskan, sebelumnya ada laporan masyarakat bahwa beras yang diterima para KPM bewarna agak kekuningan. Namun setelah dilakukan penelusuran dilapangan, hampir semua warga yang menerima tidak ada keluhan.

“Memang untuk beras jenis medium tidak seputih beras jenis premium yang disalurkan pada program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Sehingga kami pastikan kwalitas beras medium yang disalurkan dalam program ini dalam kondisi baik,” paparnya.

Lebih lanjut Jusri mengatakan, stok beras bulog Banyuwangi saat ini mencapai 19 ribu ton yang terbagi di 5 gudang. Jumlah tersebut dinilai bisa mencukupi kebutuhan masyarakat Banyuwangi hingga 19 bulan kedepan.

“Karena di setiap bulannya kebutuhan masyarakat sekitar 1000 an ton. Jika ada permintaan pasokan ke daerah lain, kami siap untuk mengirimnya. Pengadaan di tahun 2020 ini, ada tambahan 8000 ton,” ungkap Jusri.

Sementara, Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial pada Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan KB Banyuwangi, Bambang Sungkono menambahkan, seluruh KPM yang menerima program ini dinilai sudah masuk kriteria khususnya di PKH. Dan setiap kali penyaluran, satu PKH mendapatkan 15 kilogram beras.

“Di bulan September lalu, penyaluran tahap 1 dan 2 digabung. Di tahap 3 ini, Kementrian Sosial meminta penyalurannya harus sudah selesai di bulan Oktober,” ujar Bambang.

Bambang mengaku, untuk penentuan jenis beras baik premium maupun medium sudah disebutkkan dalam surat edaran dari Kementrian Sosial. Dan untuk jenis beras dalam program PKM PKH ini adalah medium.

“Meski berbeda dengan premium, tapi beras jenis medium ini cukup bagus dan layak dikonsumsi oleh masyarakat,” tutur Bambang.

Penyaluran bantuan social beras untuk KPM PKH tahap 3 ini dilaksanakan di gudang bulog Lemahbang Kecamatan Singojuruh, Kamis (15/10/2020).

ILEX VIS

ILEX VIS

Reporter harian Radio VIS FM Banyuwangi.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *