Radio VIS FM Banyuwangi
BPBD : Ada 7 Alat EWS Rusak di Kawasan Pantai Banyuwangi Selatan
visfm.com, Banyuwangi – Badan Penangggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi mencatat adanya 7 dari 9 unit alat pendeteksi dini tsunami atau Early Warning Sistem (EWS)... BPBD : Ada 7 Alat EWS Rusak di Kawasan Pantai Banyuwangi Selatan

visfm.com, Banyuwangi – Badan Penangggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi mencatat adanya 7 dari 9 unit alat pendeteksi dini tsunami atau Early Warning Sistem (EWS) yang ada di perairan selatan Banyuwangi rusak.

Sehingga saat ini, hanya ada 2 alat EWS yang masih aktif beroperasi yakni di kawasan Pantai Pancer Kecamatan Pesanggaran dan di Pantai Muncar Kecamatan Muncar.

Kepala bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, Eka Muharram mengatakan, dalam waktu dekat, 3 EWS baru akan dipasang sebagai pengganti dari 7 unit yang rusak.

“Ketiga unit itu dipasang di area Pantai Rajegwesi dan Pantai Lampon keduanya berada di Kecamatan Pesanggaran serta di Pantai Grajagan Kecamatan Purwoharjo,” ungkap Eka.

“Ke 9 EWS itu merupakan bantuan hibah dari BNPB yang dipasang sejak tahun 2013. 7 unit diantaranya sudah tidak layak operasi maupun jangkauannya sehingga harus di upgrade program dan akan diganti di tahun 2020 ini,” paparnya.

Karena menurut Eka, EWS yang rusak sudah tidak bisa memenuhi persyaratan untuk informasi bahaya jika terjadi gempa dan tsunami.

Eka menjelaskan, untuk mengantisipasi terjadinya tsunami bukan hanya sekedar EWS, namun banyak hal yang sudah dilakukan sesuai dengan tugas kewenangan pemkab Banyuwangi.

“Saya berharap, di masa pandemi ini tidak menjadi penghalang pemasangan EWS baru itu, baik dari anggaran ataupun teknisnya,” ujar Eka.

Lebih lanjut Eka mengatakan, selain EWS, pihaknya juga telah memasang rambu-rambu jalur evakuasi dan tempat aman.

Total, sekitar 90 persen dipasang ditempat yang dinilai rawan terhadap bencana. Seperti di desa Sarongan, terutama di Pantai Rajegwesi. Desa Sumberagung di Pantai Pancer dan Desa Pesanggaran di Pantai Lampon, seluruhnya berada di Kecamatan Pesanggaran yang berada di wilayah Banyuwangi Selatan. Serta di Pantai Grajagan Kecamatan Purwoharjo.

“Rencana kontingensi secara blueprint hitam diatas putih sudah siap,” kata Eka.

Dalam artian, di saat terjadi bencana, biasanya ada perubahan. Sehingga apa yang dilakukan pihaknya, siapa melakukan dan bagaimana melakukan yang di rumuskan dalam rencana kontingensi sudah siap.

ILEX VIS

ILEX VIS

Reporter harian Radio VIS FM Banyuwangi.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *