Radio VIS FM Banyuwangi
Disperikanan Banyuwangi Ciptakan Inovasi Budidaya Lele Kangkung
visfm.com, Banyuwangi – Dinas Perikanan Banyuwangi kembali membuat inovasi pembudidayaan lele dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah yang sempit dan kosong. Kali ini, inovasi tersebut... Disperikanan Banyuwangi Ciptakan Inovasi Budidaya Lele Kangkung

visfm.com, Banyuwangi – Dinas Perikanan Banyuwangi kembali membuat inovasi pembudidayaan lele dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah yang sempit dan kosong. Kali ini, inovasi tersebut dengan memanfaatkan bak dan peralatan seadanya, yang di dalamnya di isi ikan lele.

Kepala Dinas Perikanan Banyuwangi Hary Cahyo Purnomo mengatakan, inovasi yang di gulirkan pihaknya kali ini bernama Bak Budidaya Lele Kangkung (BBLK) yang sudah di terapkan di sejumlah desa dan kecamatan di Banyuwangi.

“Disini, setiap warga hanya menyiapkan bak plastic yang diatasnya di letakkan gelas gelas plastic bekas secara berjajar, sekaligus di beri arang,” ujar Hary.

“Di dalam gelas gelas plastic di beri bibit kangkung, yang ke depan tanaman tersebut bisa menjuntai ke bawah kedalam bak,” tuturnya.

Sedangkan untuk didalam bak plastic tersebut kata Hary, di isi bibit ikan lele dengan estimasi atau perbandingan satu liter air satu ikan lele. Sehingga, jika di dalam bak di isi 80 liter air maka harus ada 80 ekor bibit ikan lele dan tidak boleh lebih. Di dalam bak itupun, tidak perlu di lengkapi mesin maupun alat apapun.

Hary mengaku, dari inovasi ini rupanya disambut antusias oleh warga di perkampungan utamanya para ibu.

“Mereka pun dengan senang hati memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya yang kosong maupun yang sempit, dengan melakukan pembudidayaan lele kangkung di dalam bak sesuai arahan yang kami ajarkan,” papar Hary.

Dijelaskan Hary, dengan inovasi ini tentunya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, karena mereka bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjual ikan lele tersebut jika sudah siap dipanen.

Selain itu, pihak Dinas Perikanan juga berupaya membuka jaringan untuk warga agar mereka bisa menjual lele hasil budidayanya kepada para produsen yang siap menampung.

ILEX VIS

ILEX VIS

Reporter harian Radio VIS FM Banyuwangi.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *